Ringo Starr

Tags: ,

Ringo Starr pertama naik menjadi terkenal di awal 1960-an sebagai drummer untuk grup rock legendaris the Beatles, dan sekarang menjadi drummer terkaya sepanjang masa. Lahir Richard Starkey pada 7 Juli 1940, di Liverpool, Inggris, Ringo Starr, dikenal karena kepribadiannya yang santai, naik menjadi terkenal di awal 1960-an sebagai anggota grup rock legendaris the Beatles. Primarly seorang drummer, Starr juga bernyanyi dan kadang-kadang menulis lagu untuk grup, menyanyikan “With a Little Help from My Friends” dan menulis “Octopus’s Garden.”

Musisi, penyanyi, penulis lagu dan aktor Ringo Starr lahir Richard Starkey pada 7 Juli 1940, di Liverpool, Inggris. Dia adalah anak tunggal, dan sementara ibunya memanjakannya, ayahnya kehilangan minat dalam kehidupan keluarga sejak dini. Orang tuanya berpisah ketika Starkey baru berusia empat tahun, dan dia tidak pernah melihat ayahnya setelah itu. Ibunya bekerja sebagai wanita pembersih dan kemudian seorang pelayan bar untuk mendukung mereka.

Pada usia enam tahun, Starkey mengalami operasi usus buntu dan kemudian mengidap peritonitis, memaksanya untuk tinggal di rumah sakit anak-anak setempat selama 12 bulan ketika ia pulih. Hal ini membuatnya sangat tertinggal di sekolah, tetapi ketika dia mengejar (dengan bantuan seorang tutor), dia didiagnosis menderita tuberkulosis, dan menghabiskan dua tahun berikutnya di sebuah sanatorium.

Salah satu cara para staf berusaha mengalihkan perhatian dan menduduki pasien mereka adalah membuat mereka membentuk sebuah band, dan di sinilah Starkey muda pertama kali menemukan perkusi, menggunakan palu kayu untuk memukul lemari di samping tempat tidurnya. Sejak saat itu, meskipun bakat musik dengan instrumen lain, dia adalah seorang drummer.

Pada tahun 1953 ibunya menikah lagi, dan ayah tirinya yang baru mendorong minatnya pada musik. Pada 1955, ketika dia kembali dari sanatorium, sekolah tidak banyak pilihan lagi karena dia terlalu jauh di belakang. Dia mencoba serangkaian pekerjaan yang berbeda, yang tidak menguntungkan secara profesional, tetapi memperkenalkannya untuk mengaduk musik melalui salah satu rekan kerjanya. Skiffle dimainkan dengan benda-benda rumah tangga bukan alat musik (yang sering keluar dari jangkauan keuangan musisi yang berjuang) dan Starkey mulai bermain secara teratur dengan sebuah band. Dia mendapatkan drum kit pertama untuk Natal pada tahun 1957.

Beberapa tahun kemudian, ia bergabung dengan band nyata dengan instrumen nyata, Rory Storm dan Hurricanes, dan mulai menggunakan nama Ringo Starr untuk mencerminkan kedua cincin yang dikenakannya dan minatnya pada musik country dan barat. Solo drumnya disebut “Starr Time.” Band ini semakin populer, dan dalam tur di Hamburg, mereka pertama kali bertemu dengan The Beatles, grup baru yang terdiri dari John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, Stu Sutcliffe, dan Pete Best. Pada bulan Oktober 1960, Starr bermain dengan Lennon, McCartney, dan Harrison pada lagu yang mendukung penyanyi Hurricanes Lu Walters.

The Beatles

Pada tahun 1962, ia resmi bergabung dengan The Beatles, menggantikan Pete Best. Setelah pertunjukan pertama mereka di Cavern Club di Liverpool, fans Best sangat marah dengan perubahan yang mereka berikan kepada Starr sebagai mata hitam. Pengikut kelompok akhirnya datang, dan Starr menjadi anggota tercinta.

Pertama, musik, dia harus melewati George Martin, yang telah menandatangani The Beatles ke EMI dan memproduksi single pertama mereka. Belum siap untuk mempercayai Starr, ia menggantikannya dengan drummer lain dan menugaskannya untuk rebana dan maracas. Starr mengira dia akan dipecat, tetapi hal-hal mulai berkembang dengan para penggemar dan juga kelompok itu sendiri; segera keempatnya berada pada gelombang yang sama dan alkimia dimulai.

Singel The Beatles “Please Please Me” membuat grup ini menjadi sensasi pop di Inggris. Album pertama mereka bersama, Please Please Me (1963), menambahkan bahan bakar ke kegilaan yang sudah berkembang yang akan segera dikenal sebagai Beatlemania. Starr membuat penampilan langka pada vokal utama untuk lagu “Boys” di album.

Dengan rambut “pelop top” dan pakaian yang cocok, The Beatles menyeberangi Samudera Atlantik untuk meluncurkan invasi pop mereka sendiri ke Amerika pada tahun 1964. Beatlemania berada dalam kekuatan penuh selama penampilan televisi pertama mereka di AS di The Ed Sullivan Show. Single mereka “I Want to Hold Your Hand” telah naik ke puncak tangga lagu sebelum rekaman dan diikuti oleh suksesi hits. Dan kerumunan penggemar yang menjerit — banyak dari mereka adalah remaja yang penuh cinta — memenuhi para penonton pertunjukan langsung mereka.

Pada bulan Juni 1964, Starr menjadi sakit lagi, ketika dia terkena radang tenggorokan dan radang amandel, dan dia sementara diganti di jalan oleh Jimmie Nicol. Dia bergabung kembali dengan tur beberapa minggu kemudian, lega mengetahui bahwa dia tidak diganti secara permanen.

Pada tahun yang sama, The Beatles membawa musik mereka ke layar lebar dengan film dokumenter lucu A Hard Day’s Night (1964). Untuk film dan album soundtrack film mereka selanjutnya, Tolong! (1965), Starr menyediakan vokal untuk “Act Naturally.” Kedua proyek memungkinkan bakat komedi dan akting Starr untuk bersinar. Pada tahun yang sama, Starr menikahi pacar lama Maureen Cox. Manajer Beatles, Brian Epstein adalah orang terbaiknya, dan George Harrison adalah salah satu saksi, bersama dengan ayah tiri yang telah membelikannya set drum pertamanya.

Juga pada tahun itu, The Beatles akhirnya bertemu dengan salah satu idola mereka, Bob Dylan. Menurut legenda, Starr adalah yang pertama merokok ganja dengan Dylan, sementara yang lain awalnya menggantung kembali. Waktu akan berubah.